Translate

Search This Blog

Simple Present Tense (Kejadian yang sedang berlangsung)

Simple Present Tense - Penjelasan, Rumus, dan Contoh Kalimat
Belajar Bahasa Inggris - Hallo sobat, apa kabar ? Di materi sebelumnya saya sudah membahas materi tentang Tenses (Kala Waktu). Nah, di pembahasan sekarang saya akan memberikan materi tentang Simple Present Tense (Kejadian yang sedang berlangsung). Materi ini adalah materi pembahasan yang ketiga. Sobat tahu tidak bentuk present tense dibagi menjadi berapa ?

Bentuk Present Tense sendiri dibagi menjadi 4 sub bagian, yaitu simple present tense yang akan sedang saya bahas ini, present continuous, present perfect dan terakhir present perfect continuous. Tentunya masing - masing bentuk tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda atau berlainan. Persamaannya yaitu hanyalah kalimat - kalimat dalam keempat varian present tense tersebut adalah peristiwanya terjadi pada saat ini atau sekarang. 

Pola atau Bentuk Simple Present Tense digunakan untuk :


1. Membicarakan hal-hal yang sedang terjadi secara berulang-ulang, atau membicarakan hal-hal yang sudah menjadi sesuatu yang telah diketahui secara umum.

Contoh Kalimat :
  • A. The Earth goes around the sun : Bumi mengelilingi Matahari > (Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bumi itu mengelilingi matahari)
  • B. I work in a bank : Saya bekerja di sebuah bank > (Secara berulang-ulang dan terus menerus setiap hari, saya bekerja di sebuah bank)
  • C. He works in a book shop : Dia (pria) bekerja di sebuah toko buku.
Note : ada sedikit perubahan kata kerja dasar (asli) yang terjadi. Karena Subjeknya pun berganti. Dengan kata lain, kata kerja dasar akan berganti atau berubah tergantung subjek dalam kalimat tersebut.
Berikut ini rumusnya :
  • I/You/They/We ---------------------> Do
  • He/She/It/Nama Orang --------> Does
Apabila subjek kalimatnya memakai kata I/You/They/We, maka kata kerja yang digunakan adalah kata kerja dasar (asli) bentuk pertama (V1) atau to infinitive (belum ada tambahan apa-apa, sesuai dengan kamus) Seperti ; buy, work, eat dll. Sedangkan apabila subjek memakai kata He/She/It/Kata ganti orang kedua tunggal maka kata kerja dasar (asli) ditambah huruf "s" atau "es" di terakhir huruf kata kerja dasar (asli) tersebut. Seperti; buys, works, eats dll.
Coba lihat tabel dibawah ini untuk lebih detailnya
Contoh :

Subject - Subjek
Simple Present -  Kata Kerja Bentuk I
Complement - Pelengkap
I/You/They/We
drive
a bus
He/She/It/Nama Orang
drives
a bus

Note : kata ganti orang kedua tunggal misalnya; John, Amy, Mother, Uncle, the boy, that girl dan lain-lain. Untuk kata-kata ganti tersebut, digunakan kata kerja plus -s atau -es. Sedangkan, untuk kata ganti orang yang jumlahnya banyak atau lebih dari satu (jamak), maka menggunakan kata kerja bentuk pertama tanpa imbuhan -s atau -es. Misalnya : John and Desy go to cinema very often, BUKAN John and Desy goes to cinema very often.

Contoh :
> Tommy drives a bus
    Tommy mengendarai sebuah bus

> I drive a motorcycle
   Saya mengendarai (sebuah) sepeda motor

2. Membicarakan kebiasaan yang sering dilakukan. Tentunya ada suatu pola waktu tertentu yang mengiringi kebiasaan yang terus menerus dilakukan.

Contoh Kalimat :
  • A. I get up at 5 o'clock every morning : Saya bangun pukul 5 setiap pagi. > (Maksudnya menyatakan suatu kebiasaan, yakni bahwa saya terbiasa atau biasanya bangun pagi pukul 5 setiap harinya.)
  • B. In summer, Tony usually plays bowling once a week : Di musim panas, Tony biasanya bermain bowling seminggu sekali. > (Menyatakan suatu kebiasaan bahwa pada musim panas, Tony biasanya bermain bowling seminggu sekali.)
  • C. He runs every sunday : Dia berlari setiap hari minggu.
Nah, itulah contoh-contoh kalimat positif simple present tense. Jika sobat semua telah mengerti dan paham. Cobalah untuk membuat kalimat positif simple present tense sebanyak mungkin. Tujuannya adalah untuk mengasah kemampuan anda dalam menggunakan kalimat tersebut.

Rumus dan Kalimat Tanya Bentuk Simple Present Tense


Jika kita ingin membuat kalimat tanya dalam bentuk simple present tense, maka kita hanya menambahkan atau menggunakan kata tanya "DO" di awal kalimat jika subjeknya adalah I/You/They/We/orang ketiga jamak. Sedangkan kata tanya "DOES" digunakan apabila kata subjeknya adalah He/She/It/Kata ganti Orang kedua tunggal. Setelah itu, diikuti dengan kata kerja dasar (V1) untuk semua subjek.

1. Rumus Kalimat Tanya

Do + I/You/They/We + Kata Kerja Bentuk 1 + ?
Does + He/She/It + Kata Kerja Bentuk 1 + ?

Coba anda lihat tabel berikutnya di bawah ini :


Subjek
Kata Kerja Bentuk I
Complement
Do
I/You/They/We
Speak
English ?
Does
He/She/It/Nama Orang
Speak
English ?

2. Contoh Kalimat :

a. Do you speak english ?
     Apakah anda (bisa) berbicara bahasa inggris ?

b. Does Desy speak english !
     Apakah Desy (bisa) berbicara bahasa inggris ?

c. Do they call the police ?
     Apakah mereka menelepon polisi ?

d. Does she call the police ?
    Apakah dia menelepon polisi ?

Nah, itulah contoh kalimat pertanyaan dalam bentuk simple present tense. Bagaimana, mudahkan ? Karena hanya menambahkan kata "DO" atau "DOES" sebelum subjek. Sekarang, cobalah untuk membuat kalimat tersebut sebanyak mungkin untuk mengasah kemampuan anda.

Rumus dan Kalimat Negatif Bentuk Simple Present Tense


Untuk membuat sebuah kalimat negatif atau kalimat sebuah pengingkaran dalam bentuk simple present tense maka kita harus menambahkan kata "DO NOT" atau "DON'T" setelah subjek I/You/They/We dan kemudian diikuti dengan kata kerja bentuk pertama (Verb). Sedangkan untuk subjek He/She/It/Nama Orang maka kita harus menambahkan kata "DOES NOT" atau "DOESN'T" dan kemudian diikuti kata kerja bentuk pertama (Verb). Untuk lebih simple-nya coba lihat rumus di bawah ini :

1. Rumus Kalimat Negatif

I/You/They/We + do not / don't + kata kerja bentuk 1
He/She/It/Nama Orang + does not / doesn't + kata kerja bentuk 1

Untuk lebih mudah dalam membuat kalimatnya coba anda lihat tabel yang telah saya buat dibawah ini :

Subjek

NOT
Kata Kerja Bentuk I
Complement
I/You/They/We
Do
Not
Speak
English
He/She/It/Orang Kedua Tunggal
Does
Not
Speak
English


2. Contoh Kalimat :

a. I don't speak English
     Saya tidak (bisa) berbicara (bahasa) inggris

b. That girl doesn't spend the food
     Anak perempuan itu tidak menghabiskan makanan(nya)

c. We don't call the police
     Kita tidak menelepon polisis

Nah, itulah contoh kalimat negatif dalam bentuk simple present. Jangan lupa juga sobat harus membuat contoh yang lain sebanyak mungkin, agar sobat nanti terbiasa dalam kalimat-kalimat tersebut. Karena ini sangat efektif untuk mengasah kemampuan sobat semua.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Simple Present Tense (Kejadian yang sedang berlangsung)"

Post a Comment