Translate

Search This Blog

Tips Mudah dan Cara Super Cepat Belajar Kuasai Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris - Inggris lagi, inggris lagi.... Kenapa sih kita harus belajar dan bisa menguasai Bahasa Inggris ? Sebenarnya ada segudang jawaban rasional tentang pentingnya Bahasa Inggris ini. Apalagi saat ini dari mulai Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Pre-school (Playgroup) sampai dengan Universitas (Perguruan Tinggi) diajarkan Bahasa Inggris dan bahkan sudah masuk kurikulum pendidikan di Indonesia.

Coba kita hitung sudah berapa lamakah kita belajar Bahasa Inggris ? Paling tidak sudah lebih dari 9 sampai 12 tahun loh kita belajar Bahasa yang sering digunakan di dunia ini. Tapiiii kenapa ngak bisa - bisa siih ? Apakah ada masalah ? Jawabannya pasti Ya. Kemungkinan besar itu karena ada materi yang diberikan hanya sepotong - sepotong, ngak utuh. Bahkan metodenya pun cuman dihapal bukan di praktekkan dalam kalimat serta dipraktekkan dalam kehidupan sehari- hari atau bisa jadi anda sendiri yang tidak dapat memahami penjelasan "Guru" anda ketika memberikan materi atau bisa jadi anda sangat tidak menyukai pelajaran Bahasa Inggris, namun dikemudian hari anda jatuh cinta sama pelajaran Bahasa Inggris ini dan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menguasai Bahasa Inggris dengan baik.

Memangnya ada ya Metode Cepat untuk Belajar Kuasai Bahasa Inggris atau Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris


Jawabannya Ya pasti ada. Bahkan diluaran sana (selain sekolah) ada banyak tempat Bimbingan Belajar (Bimbel) atau Kursus yang mengajarkan suatu cara atau metode super cepat belajar bahasa inggris. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa mengikuti Bimbel/Kursus/Les bahasa ini. Karena Faktor Financial (Keuangan) kedua orangtua kita yang tidak mampu untuk mengeluarkan sejumlah biaya yang telah ditentukan atau ditetapkan oleh Bimbel/Kursus tersebut. Namun bagi anda yang tidak mampu, jangan bersedih terlebih dahulu. Karena disini admin akan membagikan materi - materi seputar bahasa inggris dan memberikan Cara Praktis dalam Belajar Bahasa Inggris.
Nah, selain Bimbel/Kursus/Les yang menyediakan kemudahan untuk belajar, ada pula yang menjual Buku + CD Belajar Bahasa Inggris dan ada juga yang menjualnya dengan E-book (Buku Digital) dan masih banyak cara lainnya.

Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris

Tips dan Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris


Sekarang saya akan berbagi tips-nya bagaimana cara mudah belajar bahasa inggris. Memangnya seperti apa ya kira-kira tips yang akan dibagikan... Ok, simak baik-baik tipsnya semoga bermanfaat bagi anda sekalian yang sedang berusaha ingin bisa menguasai bahasa inggris secepat mungkin.

Berikut ini tipsnya:

1. Niat dan Tekad

Langkah pertama ini akan sangat membantu anda dalam Belajar Bahasa Inggris. Karena jika anda sudah Memantapkan atau Memiliki Niat dan Tekad yang Kuat maka kedepan-nya anda akan sangat senang dan mudah dalam Belajar Bahasa Inggris. Niat dan Tekad ini adalah bagaikan Power untuk menguasai apa yang tidak dapat dikuasai.

Saya akan memberikan sebuah pertanyaan kepada anda dan jawabannya pun hanya untuk anda juga. Pertanyaan-nya adalah :

Apa yang membuat anda untuk termotivasi belajar bahasa Inggris ?

Tentunya jawaban setiap orang berbeda-beda dan pastinya anda pun memiliki jawaban yang unik terhadap pertanyaan tersebut. Pertanyaan tersebut bertujuan agar Niat dan Tekad anda tidak menurun dalam tahap belajar ini, sehingga anda selalu ingat jawaban motivasi untuk belajar bahasa inggris.

2. Pelajari Kembali Materi Dasar Bahasa Inggris

Pelajari kembali, Cara Mengucapkan Alphabet dalam Bahasa Inggris dari A sampai Z, angka-angka, dan kata-kata dan kalimat-kalimat dasar bahasa Inggris seperti : aku (I), kamu (You), mereka (They), dia (He/She), kita (We), ini (It), apa (What), siapa (Who), mengapa (Why), kapan (When), dimana (Where), apa kabarmu (how are you), ucapan selamat dsb. Ini bisa people pelajari dari buku-buku belajar bahasa Inggris manapun atau people buka kembali buku-buku zaman SD, tak harus yang mahal-mahal (Sekarang udah banyak aplikasi gratis dan berbayar belajar bahasa inggris dari mulai dasar hingga mahir).

Tujuan mempelajari kata-kata dan kalimat sederhana ini adalah untuk menumbuhkan minat sekaligus meningkatkan semangat anda dalam belajar bahasa Inggris. Karena merasa bisa setelah belajar hal-hal yang mudah.
Langkah kedua ini mungkin bagi sebagian yang lain sangat gampang. Tapi, ingat ! Jangan pernah menyepelekannya tanpa anda praktekan sehari-hari.
Dalam belajar bahasa inggris butuh lebih banyak Action-nya ketimbang materi, karena percuma saja jika anda sudah menguasai sebuah materi tanpa praktek sama aja bohong dong.

3. Vocabulary (Kosakata)

Bagian ini sangatlah penting sekali dalam pembelajaran bahasa Inggris, karena terdapat Irregular dan Regular Verb. Oleh karena itu, anda perlu memasang target berapa banyak kosakata yang harus dihafal dalam sehari misalnya, anda memasang target menghafal kosakata 50/hari. Untuk menghafal kosakata ini anda dapat membuka buku kamus yang anda miliki atau jika anda tidak memilikinya anda dapat mendownload kamus online di Gadget (Smartphone) yang anda miliki atau anda juga dapat memanfaatkan situs kamus online di internet.
Hendaknya kita juga perlu memperhatikan bagaimana cara penulisan kata tersebut dan bagaimana cara pengucapan-nya yang benar. Untuk mengetahui cara pengucapan dari suatu kata kita dapat memanfaatkan atau mendengarkannya langsung dari internet maupun aplikasi mobile di smartphone anda. Saya pribadi menggunakan situs thefreedictionary.com yang merupakan situs asli kamus bahasa Inggris. Nah, bagi anda yang masih awam (pemula) bagiamana cara mendengarkan pengucapan kata tersebut. Anda tinggal mengklik gambar yang berbentuk terompet setelah anda memasukan kata kunci yang anda ketikkan.

Alternatif lainnya adalah situs kamus.net yang merupakan situs online kamus bahasa inggris - indonesia. Disana selain mendapatkan arti kata dalam bahasa Indonesia, anda juga bisa mendengar cara pengucapan katanya. Akan tetapi kelemahannya situs tersebut kurang lengkap (walaupun terus mengalami perbaikan/perubahan dari waktu ke waktu). 

Alternatif tambahan lainnya adalah : situs Google Translate (bisa didownload di smartphone anda) dimana selain berfungsi sebagai kamus (bisa per kata bisa juga per kalimat), juga bisa untuk mendengarkan cara pengucapan kata dan melihat arti dari kata atau kalimat yang anda ketikkan. Namun, ketepatan Google Translate ini tak 100%, jadi cuma sebagai pembantu.

4. Grammar (Tata Bahasa Inggris)

Pelajari tata bahasa inggris (Grammar), baik ketika anda sudah menguasai cukup banyak Vocabulary maupun dilakukan secara bersamaan dengan menghapal Vocabulary (Kosakata). Anda dapat memanfaatkan buku apa saja pada awalnya. Setelah anda memiliki cukup bekal Vocabulary, atau sudah bisa memanfaatkan buku kamus/kamus online dan mencari arti kata bahasa inggris dengan cepat, maka tak peelu segan-segan untuk memiliki buku tata bahasa (English Grammar) yang tebal-tebal dan bagus. Setelah itu anda pelajari secara baik (teratur), rajin dan berkesinambungan.

Jangan takut jika ada sebagian tata bahasa yang membuat bingung, yang penting hal-hal dasar mampu anda kuasai seperti menyusun kalimat yang benar dalam konteks saat ini (present tense), masa lalu (past tense), masa akan datang (future tense), dsb. yang bisa anda pelajari secara bertahap. 
Mungkin di dalam benak anda pernah berpikir seperti ini " Buat apa sih ngapalin tenses yang buanyakk banget itu dan bikin penat (memusingkan) kepala." ?

Sebenarnya Tenses itu pada intinya adalah "penanda waktu". dengan pengunaan tenses maka kita akan dengan mudah mengetahui "kapan terjadinya sebuah peristiwa" apakah kejadiannya kemarin, hari ini, besok, lusa atau suatu saat, dan bahkan seandainya terjadi. Tentunya disertai rumus sederhana tapi mujarab dan pengunaannya dalam sebuah kalimat.
Udah hapal rumus-rumus tenses tapi ngak tau makainya gimana dalam kalimat, itu mah sama aja bohong doong. Nah semoga dengan adanya website ini bisa menjawab kegelisahan tentang itu  dan dapat menjadi panduan kita untuk menggunakan dan membuat kalimat-kalimat Bahasa Inggris dengan benar.

5. Mendengarkan Musik dan Menonton Film berbahasa Inggris

Tips ini bertujuan untuk melatih pendengaran anda dalam mendengar ucapan kalimat bahasa Inggris. Manfaatkan nyanyian (Musik) bahasa Inggris, dengarkan dan bandingkan dengan lyric lagunya yang bisa anda peroleh dari internet. Atau bisa juga dengan menonton film-film bahasa Inggris tanpa memperhatikan atau dengan menghilangkan teks bahasa Indonesianya.

6. Latih Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Inggris

Untuk melatih kemampuan anda dalam berbicara bahasa Inggris, baik secara langsung maupun secara mental. Maka carilah teman yang bisa anda ajak berlatih bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Anda juga bisa berbicara pada diri anda sendiri (berpikir) dengan menggunakan kalimat bahasa Inggris. Lebih baik lagi jika anda sekali-kali berusaha berkenalan atau bercengkrama dengan bule (wisatawan asing) yang berbahasa Inggris sehingga anda bisa mempraktekkan apa yang telah dipelajari secara langsung. Karena belajar bahasa tanpa PRAKTEK akan sangat susah.

Teringat dulu sewaktu disekolah. Sekolah menerapkan program harus berbicara menggunakan bahasa inggris setiap hari kamis, dan hari kamis ini saya jadikan sebagai melatih kemampuan diri dalam berbicara bahasa inggris bersama kelompok bahasa inggris saya yang dibentuk oleh guru. Ada hal unik, dalam kelompok saya ini yaitu disetiap anggota yang berbicara menggunakan bahasa indonesia atau sunda (melanggar) maka harus membayar denda (mengeluarkan koin) Rp.500,- kemudian dimasukan ke kencleng (uang kas) kelompok. Setiap 2 bulan sekali uang itu akhirnya dikeluarkan dan makan bersama-sama di rumah makan atau ke cafe. Mungkin trik atau tips ini bisa anda coba karena efeknya sangat bagus bikin kita semangat belajar memguasai bahasa inggris dan bersaing dengan teman-teman untuk menjadi yang terbaik diantara yang terbaik. Hehehe

7. Gunakan Aplikasi Duolingo

Aplikasi ini merupakan aplikasi pembelajaran bahasa yang dapat didownload diplaystore oleh para pengguna Smartphone. Aplikasi ini digunakan secara online (menggunakan data internet). Anda dapat memulainya dari dasar atau memulai dari nol bagi pemula. Saya sangat menyarankan aplikasi duolingo ini karena akan sangat membantu anda yang masih pemula dan anda akan dibimbing dari 0 % - sampai anda berhasil menguasai hingga 100 %. Bahkan, materi yang diberikan/soal hampir seluruhnya ada. Selain itu anda dapat belajar bahasa lain seperti jerman, francis dll dengan syarat anda harus sudah menguasai bahasa inggris. Karena jika anda ingin belajar bahasa Francis, maka translate yang digunakan francis-inggris berbeda ketika anda belajar bahasa inggris, translate yang digunakan adalah inggris-indonesia. Untuk lebih lengkapnya silahkan anda langsung download saja aplikasinya.

8. Jangan Menyerah

Jangan pernah menyerah sampai titik penghabisan. karena memang belajar bahasa itu butuh waktu. Tak ada orang yang bisa langsung seketika mahir berbahasa Inggris terkecuali, memang dia adalah jenius. 

Anda perlu ingat pepatah ini "Jika engkau tak sanggup menahan lelahnya belajar, Maka engkau harus sanggup menahan kebodohanmu ". Imam As-Syafi'i

Butuh proses yang bisa memakan waktu beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk bisa ke tahap berkomunikasi memakai bahasa Inggris dengan baik. Maka mulailah dari sekarang ! Perbanyak Action, Action, dan Action sehingga lebih cepat bisa menguasai bahasa Inggris nantinya.

Beranilah dan jangan malu ! Bahasa Inggris bukanlah bahasa asli anda. Orang lain (bule) akan mengerti itu, akan paham, dan tak akan pernah mengejek anda jika salah berucap. Perlu anda ketahui banyak orang yang tak bisa berbahasa Inggris dengan baik dan lancar tetapi nekad pergi ke negara asing yang berbahasa Inggris, dan mereka nyaris sama sekali tak pernah diejek dengan kemampuan berbahasa inggris yang pas-pasan. Malah pada akhirnya mereka dengan kesungguhan hati dan keberaniannya mampu berbahasa Inggris dengan fasih.
Ingat selalu "MOTIVASI" anda dalam belajar bahasa Inggris agar niat dan tekad anda tidak hilang serta "Tidak Pernah Menyerah"

Nah, itulah tips mudah belajar bahasa inggris yang dapat saya berikan kepada anda semua semoga ambisi anda untuk dapat menguasai bahasa Inggris cepat tercapai. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Mudah dan Cara Super Cepat Belajar Kuasai Bahasa Inggris"

Post a Comment